Jumat, 03 Juni 2016

ITSM Lifecycle

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ITSM lifecycle


Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan kumpulan best practices yang memberikan suatu kerangka kerja dalam perancangan ITSM. ITIL versi terbaru ialah ITIL versi 3 yang merupakan edisi tahun 2011, yang terdiri dari lima seri publikasi, dimana masing-masing serinya terdiri dari siklus layanan. 



ITIL V3 mempunyai lima fase atau dikenal sebagai ITIL lifecycle. lima fase ini menggambarkan cara pandang dari manajemen layanan. berikut ini Gambar I yang menunjukan fase yang ada pada ITIL :


Service Strategy

Inti dari ITIL Service Lifecycle adalah Service Strategy.

maksudnya adalah service strategy memberi pandangan bahwa konsep ITSM bukan hanya sebagai kemampuan organisasi, tapi aset strategis perusahaan. intinya adalah untuk menentukan tujuan dan sasaran sebagai penggambaran ekspetasi nilai kinerja dalam mengelola layanan Ti


Service Design

jadi service design itu memberikan panduan untuk membuat desain sistematis dan best practice dan membangun layanan TI maupun ITSM itu sendiri. berisi metode-metode untuk membuat strategi menjadi polio/ koleksi layanan TI serta aset-aset layanan, seperti server, storage dan sebagainya.


Service Transition

memberikan panduan untuk mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI kedalam Lingkungan operasional. tahapan ini memberikan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang didefinisikan dalam Service Strategy kemudian dibentuk dalam Service Design untuk selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service Operation.


Service Operation

memberikan panduan pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan sebelumnya. Panduan-panduan ini mencakup bagaiman menjaga kestabilan operasional layanan TI serta pengelolaan perubahan desain, skala, ruang lingkup serta target kinerja layanan TI.


Continual Service Improvement

Memberikan panduan yaitu bagaimana cara mudahnya atau bisa dikatakan secara efisien dan efektif dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas, contohnya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang dikenal sebagi Deming Quality Cycle.


source : https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar