----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ITSM lifecycle
Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan kumpulan
best practices yang memberikan suatu kerangka kerja dalam perancangan
ITSM. ITIL versi terbaru ialah ITIL versi 3 yang merupakan edisi tahun
2011, yang terdiri dari lima seri publikasi, dimana masing-masing
serinya terdiri dari siklus layanan.
ITIL V3 mempunyai lima fase atau dikenal sebagai ITIL lifecycle. lima
fase ini menggambarkan cara pandang dari manajemen layanan. berikut ini
Gambar I yang menunjukan fase yang ada pada ITIL :
Service Strategy
Inti dari ITIL Service Lifecycle adalah Service Strategy.
maksudnya
adalah service strategy memberi pandangan bahwa konsep ITSM bukan hanya
sebagai kemampuan organisasi, tapi aset strategis perusahaan. intinya
adalah untuk menentukan tujuan dan sasaran sebagai penggambaran
ekspetasi nilai kinerja dalam mengelola layanan Ti
Service Design
jadi
service design itu memberikan panduan untuk membuat desain sistematis
dan best practice dan membangun layanan TI maupun ITSM itu sendiri.
berisi metode-metode untuk membuat strategi menjadi polio/ koleksi
layanan TI serta aset-aset layanan, seperti server, storage dan
sebagainya.
Service Transition
memberikan
panduan untuk mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain
layanan TI kedalam Lingkungan operasional. tahapan ini memberikan
gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang
didefinisikan dalam Service Strategy kemudian dibentuk dalam Service
Design untuk selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service
Operation.
Service Operation
memberikan panduan pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif
serta menjamin tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan
sebelumnya. Panduan-panduan ini mencakup bagaiman menjaga kestabilan
operasional layanan TI serta pengelolaan perubahan desain, skala, ruang
lingkup serta target kinerja layanan TI.
Continual Service Improvement
Memberikan
panduan
yaitu bagaimana cara mudahnya atau bisa dikatakan secara efisien dan
efektif dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan. CSI
mengkombinasikan berbagai prinsip
dan metode dari manajemen kualitas, contohnya adalah Plan-Do-Check-Act
(PDCA) atau yang dikenal sebagi Deming Quality Cycle.
source : https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar