Jumat, 03 Juni 2016

ITSM Jurnal

Kali ini saya akan membahas tentang ITSM dan salah satu jurnalnya dari perusahaan Kongsberg Maritime tidak perlu berlama-lama langsung saja



Kelompok : Khoiruddin Magribi   15114868
                    Rangga Ardian P.       18114901

Information technology service management adalah suatu metode
pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan berdasar pada  Information Technology Infrastructure Library, yang mana terintegrasi dengan baik untuk membuat standar dan mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas layanan, yang diterapkan secara luas diseluruh dunia

Kali ini saya akan membahas ITSM dari perusahaan Kongsberg Maritime yang berasal dari Tiongkok. Perusahaan ini bergerak pada banyak bidang, khususnya  pada  pajak keuangan dan layanan konsultasi. Perusahaan ini mempunyai lebih dari selusin anak perusahaan diberbagai pelosok Tiongkok.

Perusahaan KM benar-benar sendiri dalam mengembangkan proses dan terus meningkatkannya. Pelaksanaan ITSM pada Perusahaan KM terdiri dari 3 tahap
1.      Untuk melaksanakan HelpDesk IT, dan manajemen tingkat layanan
2.      Untuk melaksanakan emergency management, problem management and change management
3.      Untuk melaksanakan configuration managemen, manajemen biaya, manajemen ketersediaan
dan
kelancaran manajemen layanan TI

Menganalisa proses ITSM perusahaan KM
·         Dalam kasus ini, IT service management dilihat sebagai standar kepuasan customer. Solusi yang diberikan adalah
1. Mengembangkan prinsip-prinsip manajemen kepuasan pelanggan dari
tingkat konsep,
2. Membuat trategi secara teknis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan,
3. Memfokuskan penilaian pelanggan dalam pengalaman baru dalam pengiriman barang
4. Mempercepat respon waktu pelayanan dan menghemat biaya
5. Menghemat biaya
·         Pemeliharaan Layanan proses pada Perusahaan KM

1.Direktur operasi bertanggung jawab dalam mengatur layanan kualitas, memelihara kepuasan pelanggan 
2. Manager operasi, bertanggung jawab mengatur tim pemeliharaan pelayanan tetap terhubung dengan semua kepala departemen
3. Tim Pemeliharaan pelayanan, menjamin kestabilan pengguna aplikasi bersama

·         Implementasi proses ITSM

Perusahaan KM secara berangsur akan menangani semua pelayanan pelanggan yang berbentuk konten elektronik, dengan alat khusus dan informasi dari pelanggan akan dikirimkan kedalam bentuk form di database. Pelayanan proses secara tetap akan di cek dan diurutkan dan selalu dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan kualitas termasuk incident management, problem management, change management, configuration management helpdesk managemen, knowledge management dan proses lainnya


review Rangga Ardian P.

Pada penulisan kali ini saya akan mereview sebuah jurnal internasional “Evaluation on ITSM Process with AHP”
Tapi sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu ITSM :
Information technology service management atau disingkat ITSM merupakan konsep manajemen dalam memberi layanan teknologi informasi secara baik dan berhasil kepada pelanggan. Definisi tentang ITSM dijabarkan oleh beberapa ahli sebagai berikut:
    
     ITSM adalah suatu IT Service Management yang memiliki kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan; dan Kemampuan itu bertujuan untuk lebih meningkatkan ke-efektif-an dan efisiensi dalam pemberian layanan kepada pelanggan- Michael Wedemeyer
Pada jurnal Ini akan banyak membahas tentang AHP yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Proses analisis hirarki.
Jurnal Ini adalah jurnal yang membahasa ITSM pada perusahaan asal Tionkok Yang bernama Kongsberg Maritime, perusahaan ini banyak sekali mempunyai cabang di tionkok sendiri perusahaan Kongsberg Maritime sendiri bergerak dalam bidang Pajak dan Konsultasi keuanggan
·   Analisis ITSM pada Kongsberg Maritime
o   Manajemen  kepuasan kostumer
o   Proses Pemeliharaan Layanan
o   Layanan Keuangan Manajemen Berbasis IT
o   Layanan Tingkat Manajemen Berbasis IT
o   Implementasi Proses Manajemen Berbasis IT
·  Penilayan Sistem ITSM pada Kongsberg Maritime
o   Analisis Proses Hirarki
o   Evaluasi Model
o   Penentuan Nilai
·  Proses Penilayan ITSM pada Kongsberg Maritime
o   Analisis Proses Hirarki
o   Implementasi Penilaian
Perusahaan KM secara berangsur akan menangani semua pelayanan pelanggan yang berbentuk konten elektronik, dengan alat khusus dan informasi dari pelanggan akan dikirimkan kedalam bentuk form di database. Pelayanan proses secara tetap akan di cek dan diurutkan dan selalu dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan kualitas termasuk incident management, problem management, change management, configuration management helpdesk managemen, knowledge management dan proses lainnya
 sumber : file.scirp.org/pdf/TI20110100006_12437688.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar