Pada kesempatan kali ini saya
akan memaparkan tentang hubungan antara layanan manejmen SI/TI dengan SIM,
sebelum itu, mari kita ketahui apa itu Layanan Manajemen SIM
SIM atau Sistem Infromasi Manajemen adalah kegiatan menajemen dimana Manajemen yang meliputi perencanaan, pengendalian, dan
Tujuan dari sim adalah sbb:
- Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
- Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Dari tujuan diatas, bisa kita tahu
bahwa untuk dapat menjalankan tujuan tsb. Maka diperlukan adanya akses
informasi akuntansi, ini membantu
mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi
kinerja.
Nah, setelah kita mengetahui apa itu SIM. Lalu, apakah hubungannya dengan Manajemen layanan
TI/SI?
Manajemen
layanan Teknologi Informasi/Sistem informasi adalah Metode yang
digunakan untuk mengelola dan mengacu pada pelaksanaan kualitas layanan TI/SI
yang memenuhi kebutuhan bisnis, Layanan manajemen TI/SI. Kegiatan ini dilakukan
oleh penyedia layanan TI/SI melalui gabungan yang tepat dari teknologi,
manusia, proses dan informasi. berfokus pada pemberian kerangka kerja untuk
struktur TI/SI yang terkait kegiatan dan interaksi tenaga teknis TI/SI dengan
penggunanya.
Setelah
kita memaparkan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa SIM adalah wadah yang digunakan
oleh manajemen layanan SI untuk mengembangakan bisnis, Oleh karena itulah
Manajemen sangat diperlukan khususnya SIM dan Sistem Informasi Akuntansi agar
tercapainya tujuan-tujuan yang ingin digapai dalam perusahaan bisnis.
Source:
http://darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id/2013/02/28/manajemen-layanan-ti-atau-manajemen-layanan-dukungan-ti/
https://nicohernawan.wordpress.com/artikel-sim-sistem-informasi-manajemen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar